Rabu, 21 November 2012

Tips Membeli Game PC Sesuai Spesifikasi



Banyak sekarang game- game PC yang beredar dan makin bagus tampialnnya (malah bisa mengalahkan game-game berbasis konsol). Setelah kita membeli CD/DVD game PC sering kali kali kita lupa game untuk PC itu beda sekali dengan game untuk konsol. Game konsol itu meminta spesikasi hardwarenya dipukul rata alias sama asal jenis konsolnya sama (contoh : game PS2 bisa dimainkan di PS2 dan PS3), lalu game PC spesikasi hardwarenya Pasti beda, antara satu game dengan yang lain, jadi sebelum membeli game PC pastikan dulu spesikasi komputer anda jangan langsung beli.


Biasanya dalam kemasan Game PC sudah jelas tertulis batas minimal spesikasi hardware dan spesikasi hardware yang dianjurkan. Spesifikasi yang sering diminta adalah :


1. OS (Sistem Operasi)

Beli game PC harus sesuai dengan versi OS-nya (Game win 98 terkadang bisa dijalankan di XP tapi kemungkinan tidak bisa dijalankan terkecuali pakai emulator, Game PC untuk XP mungkin tidak bisa di jalankan di Vista dan Game untuk Vista bisa saja dijalankan di Windows 7). Kebanyakan game PC meminta OS Windows (Mac apalagi Linux masih jarang).


2. CPU (Prosessor)

Kebanyakan game tidak alergi dengan merk CPU yang dipakai(tapi ada juga yang hanya dapat dijalankan di satu merk prosessor saja) tapi bisanya game PC punya batas minimal kecepatan prosessor yang didukung, misalnya game meminta spesikasi minimal kecepatan CPU 2.0 GHz itu berarti CPU dengan kecepatan dibawah 2.0 tidak dianjurkan menjalankan game ini, bila pun dipaksakan maka game mungkin berjalan tetapi akan ada delay atau telat responnya alias lelet bin lambat.

3.Memory (RAM)

Lihat berapa batasan memory agar game dapat berjalan, bila kurang dari batasan minimal, misalnya 1 GB sedangkan komputer kita hanya punya memory 512 MB, jangan coba-coba menginstall game tersebut karena kemungkinan game tidak dapat berjalan.


4. VGA (GPU)

Game PC sekarang, terutama yang baru sangat memperhatikan VGA yang digunakannya, karena game sekarang grafiknya sudah semakin relistis menuntut VGA yang baru. Lihat spesifikasi minimal VGA yang didukung bila VGA di komputer tidak mendukung, jangan membeli game tersebut. Lihat pula spesifikasi memory VGA yang didukung, misalnya VGA kita hanya mempunyai memory 128 MB tapi game menuntut batasan minmalnya 256 MB, maka jangan menginstall game tersebut, bila dipaksakan juga maka tampilannya akan kurang baik dan mungkin akan lambat.

5.Hardisk

Meskipun hardisk tidak sering diperhatikan tapi kapasitas hardisk yang diperlukan untuk menginstall Game PC harus diperhatikan, Game PC pada saat ini membutuhkan ruang hardisk yang lumayan besar sehingga sebelum Kita membeli Game PC lihat dulu sisa ruang kosong di hardisk apakah cukup mencukupi untuk di instalkan Game atau tidak.

6.Monitor

Lihat Resolusi Monitor yang diajurkan sesuaikan dengan resolusi maksimun Monitor yang dipunyai jangan paksakan bila resolusi monitor tidak mendukung karena Game biasanya tidak dapat berjalan ataupun bisa berjalan kurang baik tampilannya.


7.Harware yang lain

Cek apakah Game membutuhkan optikal disk seperti DVD-ROM untuk menjalankan Gamnenya beberapa Game membutuhkan optikal disk agar dapat berjalan, meskipun ada beberapa Game yang bisa di Virtual Hardiskkan isi Gamenya tetapi beberepa Game yang Original tidak bisa dan tetap membutuhkan optikal disk agar Game berjalan.

Itulah penjelasan mengenai Tips Beli Game PC, Semoga menjadi Pencerahan bagi netter.

0 komentar:

Poskan Komentar